Cara Merawat Cucak Ijo Bakalan Agar Rajin Bunyi

Posted on

Cara Merawat Cucak Ijo Bakalan – Burung cucak ijo atau cucak hijau ialah jenis burung kicau yang mempunyai warna bulu hijau pada sekujur tubuhnya. Burung cucak ijo saat ini sedang naik daun dan semakin terkenal. Gayanya yang ngentrok memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi banyak orang.

Akan tetapi bagaimana cara merawat burung cucak ijo bakalan agar rajin bunyi ? Bagi sebagian orang merawat cucak ijo bakalan menjadi pilihan karena harganya yang lebih murah dari pada cucak ijo dewasa atau cucak ijo yang sudah gacor.

Nah agar burung anakan atau bakalan cucak ijo rajin bunyi maka dibutuhkan perawatan yang tepat. Pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagi tips tentang cara merawat cucak ijo bakalan agar rajin bunyi untuk sobat. Bagi sobat yang punya bakalan cucak ijo, maka simaklah tips berikut ini.

Cara Merawat Cucak Ijo Bakalan

Cara merawat burung cucak ijo bakalan bukanlah menjadi hal yang mudah. Akan tetapi bukan juga hal yang mustahil untuk dilakukan. Karena dengan perawatan yang benar atau tepat maka burung cucak ijo bakalan sobat akan lebih cepat berbunyi dan gacor.

Yang penting ialah konsistensi dan ketekunan sobat. Ini bisa menjadi alternatif sobat yang ingin mempunyai burung cucak ijo gacor akan tetapi belum ada dananya, hehehehe. Dengan merawat burung cucak ijo bakalan yang benar sobat akan melihat perbedaan dan kemajuan yang dahsyat.

Burung cucak ijo pun memiiki banyak jenis yang dibedakan dari daerah asalnya. Sebut saja cucak ijo Banyuwangi yang dianggap cucak ijo terbaik. Ada juga burung cucak ijo mini.

Dan ada juga cucak ijo Kalimantan dan cucak ijo Sumatera. Namun apa pun jenis cucak ijo sobat, berikut ini cara merawat cucak ijo bakalan yang benar dan tepat.

Artikel lain :

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Bakalan Agar Rajin Bunyi

Untuk menghasilkan burung cucak ijo bakalan yang lebih cepat berbunyi dibutuhkan beberapa langkah perawatan. Di antaranya ialah sebagai berikut :

1. Jinakkan Dahulu Cucak Ijo Sobat

Untuk tahapan pertama ini sobat harus memastikan bahwa burung cucak ijo bakalan sobat sudah jinak. Mengapa demikian ? Karena burung cucak ijo yang jinak akan lebih mudah berkicau daripada burung cucak ijo yang masih giras atau liar.

2. Pakan Untuk Cucak Ijo Bakalan

Untuk pemberian pakannya, sobat bisa memberikan variasi pakan buah-buahan dan jangkrik. Mengapa demikian ? Karena kedua jenis pakan tersebut sangat disukai oleh burung cucak ijo. Dan yang lebih penting lagi ialah kandungan vitamin dalam buah yang sangat banyak. Sedangkan jangkrik mengandung protein yang tinggi sehingga membuat burung cucak ijo bakalan lebih fit dan lincah.

Apabila burung cucak ijo bakalan belum mau ngevoer, berikan pisang kepok putih atau pisang kepok kuning. Untuk mendapatkan hasil yang baik, sobat berikan pisang kepok yang sudah diolesi madu sehari sebelumnya, pepaya juga bisa diberikan dua kali dalam seminggu untuk variasi pakan.

Dan berikan jangkrik dengan porsi yang lebih banyak. Sobat bisa memberikan 5 ekor jangkrik di pagi hari dan 5 ekor jangkrik di sore hari. Pemberian pakan yang berkualitas secara rutin tentu sangat berpengaruh pada kesehatan burung cucak ijo sobat. Dan yang pasti, hanya burung cucak ijo yang sehatlah yang mau berbunyi.

3. Penjemuran dan Pemandian Cucak Ijo Bakalan

Untuk burung cucak ijo bakalan ada baiknya sobat rutin memandikannya dua kali dalam sehari. Waktu yang paling baik untuk memandikan burung cucak ijo ialah di pagi dan sore hari. Sedangkan untuk proses jemurnya, dilakukan setelah burung cucak ijo mandi dengan durasi 30 sampai 60 menit.

Apa manfaat mandi dan penjemuran untuk burung ? Pemandian pada burung dapat merangsang burung agar cepat berbunyi, termasuk pada burung cucak ijo bakalan. Sedangkan manfaat jemur ialah dapat membuat nafas burung lebih panjang sehingga berkicau lebih lama.

4. Memaster Cucak Ijo Bakalan

Salah satu tahap rawatan burung cucak ijo bakalan agar cepat berbunyi ialah dengan cara memaster atau mastering. Tidak bisa dipungkiri bahwa memaster burung cucak ijo bakalan akan mempercepat burung cucak ijo bakalan rajin bunyi. Juga sangat bermanfaat untuk menambah koleksi lagu cucak ijo ketika dewasa nanti.

Saat burung cucak ijo masih anakan, maka memorinya masih sangat bagus dan kuat. Artinya, burung akan tidak mudah lupa dengan suara master yang didengarnya.

Cukup mudah bukan untuk merawat bakalan burung cucak ijo agar cepat bunyi ? Pada dasarnya ialah kemauan dan ketekunan sobat dalam merawat burung cucak ijo bakalan. Jika burung cucak ijo bakalan dirawat dengan benar dan dirangsang dengan masteran, maka burung cucak ijo bakalan lebih cepat bunyi. Saat burung cucak ijo sudah dewasa nanti sobat akan mengerti betapa pentingnya perawatan yang benar. Selamat mencoba ya sobat-sobat, semoga berhasil.

Demikian informasi yang dapat Pawangkicau.com sampaikan tentang cara merawat cucak ijo bakalan agar rajin bunyi. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *